7 Anak Penghafal Quran, Buku Hafidz Rumahan. Pentingnya peran orang tua dalam pendidikan.



Rumah adalah lembaga pendidikan pertama bagi anak.
Hal yang paling utama tentang pendidikan rumah tentu adalah peran orang tua. Keduanya saling membutuhkan dan saling melengkapi untuk menjaga keseimbangan. Dua pikiran jelas jauh lebih baik dari satu pikiran. Yang satu memiliki kesadaran bahwa dia memang ditakdirkan sebagai nakhoda, sementara yang lainnya bertindak sebagai pemegang kemudi. Dengan begitu arah perahu akan jelas berjalan ke arah dan tujuan yang sama yakni kebahagiaan keluarga dunia akhirat.

Dalam buku "Hafidz Rumahan : Ikhtiar Keluarga Awam Melahirkan 7 Penghafal Al- Qur'an". Buku ini menceritakan keluarga Hasan Basri, hafidz cilik dari pulau nias, sumatra utara. Perjalanan hidup Abdurrahim dan Siti Hajar yang mampu mendidik anak sendiri hingga berhasil hafal Al Quran 30 juz dalam kondisi kehidupan yang sangat sederhana.

Selama yang saya tahu atau baca keluarga penghafal quran dibentuk dari keluarga ustadz atau mungkin keluarga para aktivis dakwah. Namun buku ini
dikisahkan dari keluarga yang awam dari sisi pendidikan agama dan berikhtiar mendidik anak-anaknya menjadi para penghafal quran. Menghadirkan sosok ayah dengan sejuta kehangatan, kesabaran dan mengajarkan banyak hal.
Sosok ibu yang ikhlas berjuang, mendidik dengan penuh kesabaran, serta kesulitan yang ditempuh demi mengantarkan anak-anaknya menuju kebahagiaan dan masa depan lebih baik. Menyisakan getar keharuan yang sampai kapan pun rasanya tidak akan pernah hilang. Ujian dan tantangan menghadapi tingkah pola anak, mengurus rumah tangga dan anak-anak.

Kisah yang menginspirasi tentang keluarga mendidik anaknya menuju penghafal quran. Dimana sebagai perempuan, istri sekaligus ibu, bisa berkaca dan belajar sesuatu untuk meng-upgrade kualitas diri. Nilai-nilai yang InsyaAllah mencerahkan ini terselip dalam cerita dengan apik tanpa pembaca merasa digurui. Penulis berbagi pengalaman dengan bahasa meluas menjadi lebih menarik dan membekali.

Buku ini cocok bagi siapa saja yang ingin belajar menjadi pasangan yang lebih baik, juga ayah atau ibu yang lebih baik bagi anak-anak tercinta dirumah.

Semoga kita pun mampu menjadi penghafal quran dan mewujudkan generasi qurani. Aamiin

Judul : Hafidz Rumahan "Ikhtiar Keluarga Awam Melahirkan 7 Penghafal Al-Qur'an
Penulis : Neny Suswati
Penerbit : Aura Publishing
ISBN : 978-623-211-033-5
Tahun Terbit : 2019
Tebal : 200 Hlm
Harga : Rp 65.000

Comments

  1. MasyaAllah...jarang ditemui orangtua yang seperti mereka di era sekarang inim rata2 menganggap pendidikan anak tanggung jawab lembaga pendidikan dan sejenisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak... Pendidikan yang berbasis islami biasanya juga harganya tidak murah. Nah pendidikan dimulai dari orang tua sendiri diperlukan ya.

      Delete
  2. Masya Allah ...
    Bener banget, banyak yang bilang untuk punya anak-anak hafidz, setidaknya salah satu orang tuanya punya basic pendidikan pesantren atau ustadz/ustadzah.

    Jadi buku ini rekomeded banget ya buat para orang tua....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, banyak hikmah yang bisa diambil untuk meng-upgrade kualitas diri juga.

      Delete
  3. Saya tahu beliau ini, anaknya santri temboro.
    Beliau memang hidupnya zuhud sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah...
      Iya, sebelum nyantri anak-anaknya sudah dibekali hafalan Qur'an. Keluarga yang menginspirasi bgt.

      Delete
  4. Pernah ketemu dan dengar langsung juga cerita versi siti hajar nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak, bagus bgt y kisah pengalaman hidupnya.

      Delete
  5. Iya, saya sepakat. Buku ini memang pas banget dibaca siapa aja. Mengingatkan orangtua, terutama mengajarkan tauhid.

    ReplyDelete

Post a Comment