Memprioritaskan Waktu dengan Baik



Pernah dengar Keizen dan Hansei?

Ya, itu salah satu prinsip hidup yang dipercaya sebagai kunci keberhasilan orang Jepang. Secara prinsip Keizen adalah on going and continous improvement. Sementara prinsip Hansei adalah never ending correction.

Prinsip Keizen dan Hansei adalah proses yang berkelanjutan, peningkatan terus menerus dan perbaikan tiada henti.

Ada sebuah hikmah yang mengungkapkan, "Barang siapa yang hari sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barang siapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barang siapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia celaka."

Ketika banyak orang yang sudah puas mengerjakan yang mereka bisa, orang hebat selalu bertanya pada dirinya, "Aku harus bisa apa lagi ya?"
Dalam setiap penggantian usia, perjalan waktu, detik demi detik dalam diri harus ada :
*Pertambahan Ilmu
*Pertambahan Amal Ibadah
*Pertambahan Iman

Setuju?

Ada sebuah kata bijak, ketika hendak melakukan aktivitas cobalah untuk bertanya pada diri :

1. Aktivitas yang aku kerjakan ini menambah ilmu, wawasan dan pengalaman yang baik pada diriku atau tidak?

2. Aktivitas yang akan aku kerjakan ini bernilai ibadah dan dicatat Allah sebagai kebaikan atau tidak?

3. Aktivitas yang akan aku kerjakan ini berpotensi meningkaytkan keimanan dan ketaatan kepada Allah atau tidak?

Jika jawabannya tidak ada satu pun "Iya" maka berusaha untuk sekuat mungkin menjauhi aktivitas itu.

Ketika kita menghargai detik demi detik waktu yang dijalani. Saat itu pula kita sedang berusaha untuk menghargai umur. Ini adalah salah satu wujud syukur kepada Allah yang masih mempercayakam pada kita usia hingga hari ini. Maka berupaya sebaik mungkin untuk memanfaatkan waktu agar produktif. Karena waktu adalah sebuah Amanah. Pastikan bahwa waktu yang dijalani memiliki dampak positif dalam perbaikan hidup kita. Karena pertambahan usia tanpa diiringi pertambahan nilai diri adalah sebuah kerugian.

Selamat menikmati aktivitas yang bermanfaat ya😊






Comments

  1. Iya bener itu mbak, aku setuju dengan mbak nisda. Meskipun bagi aku sendirj masih sulit memparameter apakah diriku sudah lebih baik dari hari kemarin, minggu lalu, bukan lalu dan tahun yg sudah berlalu.

    Dan yg pemtonh mwnurutku harus halpy dan enjoy menjalani semua itu dengan ikhlas

    ReplyDelete
  2. Betul banget bahwa setiap waktu yang dilalui harus lebih baik dan menuju kebaikan agar tidak menjadi sia - sia. Time management perlu banget.

    ReplyDelete
  3. sebagai seorang blogger, emang waktu menjadi prioritas untuk berkarya. Jangan menyia-nyiakan waktu, sebelum waktu yang tepat menghampirimu.

    ReplyDelete
  4. Waktu memang terkadang menjadi hal yang simple dan diremehkan terutama blogger, kadang sampai kelupaan waktu, padahal itu bisa saja membahayakan, waktu untuk makan siang masih dipakai untuk ngeblog, waktu shalat dipakai untuk bermedsos ria.

    ReplyDelete

Post a Comment