MPR RI : Ngobrol Bareng Netizens Lampung Tentang Sosialisasi 4 Pilar MPR



     
Sumber Foto : Tapis Blogger

Saya diundang bersama teman-teman Tapis Blogger dalam acara “MPR Ngobrol Bareng Netizens Lampung”.  Acara ini bertepat pada hari Ahad, 19 November 2017 di Swiss-Belhotel pada jam 19.00-21.00 WIB. MPR mengajak  netizens lampung untuk berpartisipasi  dalam mensosialisasikan 4 pilar MPR RI.  Saya bersyukur termasuk dari salah satu Netizens Lampung  yang terdiri 60 orang undangan pada acara tersebut, karena akan menjadi pengalaman berharga.

Acara dimulai setelah makan malam bersama, pembukaan dipandu oleh Yandigsa sebagai MC. Kami diajak untuk mengawali acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara selanjutnya sambutan pertama disampaikan oleh Ibu Siti Fauziah M.M sebagai kepala humas MPR RI, dilanjutkan  oleh Bapak Ma’ruf Cahyono sebagai Sekjen MPR RI.
Bapak Ma’ruf  dalam sambutannya diawali dengan mengutip sebuah puisi yang menggugah tentang makna kebangsaan. Dilanjutkan menyampaikan empat pilar yang terdiri dari :

1. Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara.
2. UUD Negara Republik Indonesia tahun1945 sebagai Konstitusi Negara.
3. NKRI sebagai Bentuk Negara.
4. Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Bapak Ma’ruf Cahyono juga berkata,”Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila merupakan nilai-nilai yang luhur dan bermakna. Jangan sampai nilai-nilai yang bagus itu dicuri oleh bangsa lain, karena kurangnya rasa kepedulian dan pemahaman tentang Ideologi Negara sendiri. Sebab, banyak Negara lain yang mulai melirik nilai yang bagus itu.”

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila meliputi:
_Sila ke-1 : Ketuhanan yang maha esa.
_Sila ke-2 : Kemanusian yang adil dan beradab.
_Sila ke-3 : Persatuan indonesia
_Sila ke-4 : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan
_Sila ke-5 : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
                             
Kemudian ketua MPR RI, Bapak Zulkifli Hasan, S.E, M.M datang bersama rombongan beserta Bapak. Zainuddin Hasan selaku Bupati Lampung Selatan. Setelah itu dilanjutkan penyampaian oleh ketua MPR RI dengan menyampaikan ada empat masalah yang dihadapi bangsa Indonesia yaitu :

1. Kemiskinan
2. Kesenjangan
3. Korupsi
4. Ketidakpercayaan

Dalam kesempatan itu, Bapak Zulkifli juga menyampaikan pentingnya empat pilar MPR terutama bagi generasi muda atau yang disebut generasi melenia/kids zaman now. Beberapa pesan dari Bapak Zulkifli untuk generasi muda :

1. Kita harus mampu memahami budaya dan adat istiadat daerah sendiri.
2. Kita harus mengerti sejarah bangsa.
3. Kita harus memiliki ilmu, berwawasan luas.
4. Kita harus memiliki jaringan yang luas, berinovatif dan produktif.
                                 
Dalam acara ini menumbuhkan kembali cinta kebangsaan dan Negara. Bahwa pentingnya empat pilar MPR dalam kehidupan ini. Kita harus meningkatkan dan menjaga Ideologi Negara dengan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari.


Comments